Home » » Ceremende : "Jumlah PNS Sudah Cukup Tinggi" kata Agus Marto

Ceremende : "Jumlah PNS Sudah Cukup Tinggi" kata Agus Marto

Sudah menjadi rahasia umum, akhir-akhir ini penerimaan PNS mejadi komoditi buat mengembalikan modal para bupati terpilih saat kampanye. Dengan proses yang sederhana lahirlah para PNS baru yang entah dibutuhkan atau tidak oleh PEMDA setempat.

Jumlah membengkak dan anggaran pemerintahpun melonjak untuk ngopeni para PNS ini. Nasib-nasib .. ditambah dengan remunerasi yang tidak juga membuahkan hasil dengan tidak meningkatkan kinerja para PNS yang menerimanya.

Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menegaskan perlunya kewaspadaan terhadap kenaikan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terus meningkat. Saat ini saja tercatat ada kurang lebih 4,7 juta PNS di pusat maupun daerah.

"Kita terkait PNS perlu waspadai karena memang jumlahnya sudah cukup tinggi," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (21/6/2011).

Agus Marto menyatakan jika tidak diwaspadai maka selain dapat memberatkan anggaran seperti gaji, juga akan membebani anggaran pensiun dan asuransi.

"Karena kalau tidak hati-hati, selain menyangkut biaya pegawai tapi jug berhungan di tunjangan hari tua, pensiun dan itu akan berakibat kepada institusi seperti Taspen, Askes, Asabri yang nanti akan mengalami kesulitan keuangan karena meningkatnya jumlah PNS secara mendadak dan kurang terencana," jelasnya.

Menurut Agus Marto, dengan adanya reformasi birokrasi diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kinerja PNS. Selain itu, lanjut Agus Marto, perlunya pengetatan jumlah PNS melalui seleksi yang lebih selektif.

"Ketika tidak pandai mengeluarkan kebijakan dari efektivitas PNS, itu kita kadang-kadang secara tidak sadar terus menambah PNS hanya dengan satu proses yang terlalu sederhana, padahal jumlah PNS itu kalau ingin ditambah betul-betul harus melalui proses yang baik yaitu di Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB), BKN, maupun di Kementerian Keuangan," pungkasnya. http://finance.detik.com/read/2011/06/21/200100/1665526/4/agus-marto-jumlah-pns-sudah-cukup-tinggi?f9911013

2 comments:

  1. Habis duit bayar pajak buat gaji PNS weleh-weleh

    ReplyDelete
  2. Habis juga buat remunerasi tapi tidak berefek baik, kolusi dan korupsi masih subur walau total gaji selangit :(

    ReplyDelete

Blog Archive